Senin, 14 November 2011

Contoh program Kalkulator pada JavaScript


Penjelasan Program :

JavaScript adalah bahasa pemrograman berbasis prototipe yang berjalan disisi klien. jika kita berbicara dalam konteks web, sederhananya, kita dapat memahami JavaScript sebagai bahasa pemrograman yang berjalan di browser.
Javascript dipanggil untuk memberikan fungsi pada halaman web dengan meletakannya secara internal pada halaman html diantara tag <script> </script> atau dibuat pada file terpisah ( eksternal ) dan lalu di link menggunakan <link rel=”" href=”"> pada bagian <head>, seperti CSS.
Function dalam javascript digunakan untuk menjaga browser pada saat pengeksekusian sebuah script ketika sebuah halaman di load. Sebuah function berisis kode yang akan dieksekusi oleh sebuah event ataupun dieksekusi dengan cara pemanggilan function tersebut.
Untuk function pada listing di atas berisi operasi penambahan, pengurangan, perkalian, pembagian dan modulus. Variabel a dan b merupakan variable yang diinput melalui form a dan form b. Untuk variable c mendefinisikan hasil yang ditampilkan pada sebuah form hasil.
Selanjutnya membuat sebuah form. Form dari listing diatas terdiri dari tiga text dan lima button. Text pertama digunakan untuk menginput nilai dari variable a. text kedua untuk variable b dan text ketiga untuk menampilkan hasil perhitungan.
Untuk ke lima button pada listing diatas memiliki fungsi yang berbeda-beda, yaitu diantaranya adalah :
·         function tambah() dengan label atau value +
·         function kurang() dengan label atau value -
·         function kali() dengan label atau value x
·         function bagi() dengan label atau value /  
·         function modulus() dengan label atau value mod.

Output Program Kalkulator :

1 komentar: