Pada artikel sebelunya yang membahas tentang pengertian dan fungsi dari programmer dan designer maka pada artikel ini menjelaskan tentang hubungan antara kedua tugas tersebut pada suatu games. Dalam game ini programmer bertugas untuk menjadikan semua character dapat bergerak misalnya saja chip dan dale sebagai tokoh utama bisa berjalan, melompat, dan melemparkan benda benda kearah yang kita tuju,kiri,kana,atas dan bawah dengan cara melompat terlebih dahulu. Lalu programmer menjadikan carakter musuh dapat berjalan dan sebagainya.
Dalam proses jalan itu sendiri programmer harus melakukan persamaan antara jalan hewan tupai dengan manusia. Karena karakter yang dibuat disini adalah tupai maka berjalanya harus seperti tupai akan tetapi disini chip & dale berjalan seperti manusia sebagai mana yang sudah dilakukanya dalam film. Programmer menjadikan ini semua menarik dan nyata gerakan berjalan even ketika melewati tempat-tempat berbahaya. Misalkan pada tempat yang dimana latarnya adalah listrik dan disitulah programmer berusaha agar event yang terjadi itu nyata, pada saat tersengat listrik dan menentukan gerakannya.
Peranan Game design adalah membatu programmer dalam menseting lokasi dimana misalkan dalam sebuah jalan terdapat apel, kotak,musuh – musuh sehingga game tersebut lebih menarik. Ketika terdapat kotak maka programmer akan melakukan action untuk mengambul kotak tersebut atau melompati kotak tersebu begitu juga dengan apel dan musuh bisa melemparkan kotak yang sudah di ambil atau melompatinya.
Game design juga membuat alur cerita yang menarik dengan adanya bonus dan bantuan dari teman. Membuat permainan menjadi lebih sulit dengan adanya musuh utama yaitu raja pada setiap levelnya. Menjadikan game lebih berwarna dengan seting lokasi yang menarik dan disinilah peran programmer yang memanfaatkan alur cerita dengan action agar semua berjalan baik dan menarik. Dan programmer tidak harus bingung dengan desainer game , yang bekerja pada desain game.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar