Minggu, 10 April 2011

Pengertian OGRE

Ogre 3D (Object – Oriented Graphics Rendering Engine) merupakan 3D engine yang bersifat fleksibel (multi – platform ) yang dibangun dengan menggunakan bahasa C++. Ogre 3D di design untuk mempermudah para developer dalam memproduksi karya – karya 3D, Ogre 3d berupa sekumpulan library – library yang nantinya akan digunakan untuk berbagai keperluan pembuatan object dan konfigurasi dan grafis 3D hardware-accelerated.
Untuk membuat objek yang akan digunakan pada OGRE dapat menggunakan 3d graphics engine yang banyak dikenal seperti 3dsmax. Jika ingin membuat objek animasi 3d dengan 3dsmax, kita membutuhkan converter atau exporter karena 3dsmax tidak dapat mengeksport file .mesh sedangkan untuk menggunakan ogre dibutuhkan file berekstensi .mesh .
OGRE hanyalah rendering engine. Seperti pada engine lainnya, hanya saja OGRE pada umumnya hanya sebagai graphic rendering. Dengan kata lain fitur OGRE hanya khusus menangani vector & matrix classes, memory handling, dan lain-lain. Ini bukanlah salah satu dari semua solusi dalam istilah game development / simulasi, OGRE tidak menyediakan audio.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar