Minggu, 10 April 2011

Implementasi OGRE

Untuk membuat project OGRE, saya mengkonfigurasi OGRE SDK-nya. Dengan cara seperti ini :
1. Pada Eclipse, pilih menu Window – Preferences – C/C++  environment.
2. Klik tombol New. Beri nama OgreSDK. Lokasi: C:\ogreSDK.
3. Untuk menghentikan auot-building projects pada Eclipse yaitu dengan: klik Project – uncheck ‘Build Automatically’
Setelah menkonfigurasi(mensetting) OGRE SDK-nya kemudian saya lanjut ketahap pembuatan project baru, dengan cara seperti ini ;

1. Saya membuat sebuah Hello World project untuk mengetahui apakah eclipse telah dapat mendeteksi compiler MinGW yg telah diinstal.
2. Setelah itu kita buat project baru dengan menekan alt+shift+n lalu pilihlah C++ Project, perhatikan gambar berikut :


3. Kemudian mengisikan nama project pada menu Project Name, lalu pilih Project Type dengan Hello World C++ Project, uncheck pilihan show project types and toolchains.
4. Lalu pada bagian Toolchains pilih MinGW kemudian klik finish. Jika berhasil maka pada bagian Project Explorer akan muncul sebuah hirarki seperti ini :


5. Lalu selanjutnya saya akan membuat sebuah project aplikasi 3D yang memanfaatkan OGRE.
6. Ulangi langkah 2, lalu pada langkah berikutnya pilih Empty Project dengan Toolchains MinGW.
7. Lalu klik project yang dibuat pada langkah 5, pada bagian project explorer lalu tekan alt+enter maka Properties akan terbuka.
8. Arahkan kebagian C/C++ Build  Settings, Klik Manage Configurations lalu klik baris Release dan tekan Set Active dan klik OK.
9. Masuk ke bagian GCC C++ Compiler pada Tool Settings, selanjutnya ikutilah petunjuk table berikut ini untuk bagian-bagian properties pada pilihan Debug dan Release. Pastikan yang aktif adalah Release.


10. Masih pada bagian Tool Setting, masuk ke bagian MinGW C++ Linker ikutilah petunjuk table berikut ini untuk bagian-bagian properties pada pilihan Debug dan Release. Pastikan yang aktif adalah Release.




11. Masuk kebagian sourcecode, masukkan sourcecode berikut untuk testing :
#include "ExampleApplication.h"
class BelajarOgre : public ExampleApplication {
public:
BelajarOgre(){
}
~BelajarOgre(){
}
protected:
void createScene(void){
//mSceneMgr utk manage semua semua yg tampil pd screen
mSceneMgr->setAmbientLight(ColourValue(1,1,1));
//Entity ad objek yg bs dirender discene
Entity *ent1 = mSceneMgr->createEntity("Robot","robot.mesh");
SceneNode *node1 = mSceneMgr->getRootSceneNode()->createChildSceneNode("RobotNode");
//attach entity ke scenenode ut beri lokasi render robot
node1->attachObject(ent1);
}
};
#if OGRE_PLATFORM == OGRE_PLATFORM_WIN32
#define WIN32_LEAN_AND_MEAN
#include "windows.h"
INT WINAPI WinMain(HINSTANCE hInst, HINSTANCE, LPSTR strCmdLine, INT)
#else
int main(int argc, char **argv)
#endif
{
//bikin objek aplikasi
BelajarOgre app;
try {
app.go();
} catch (Exception e) {
#if OGRE_PLATFORM == OGRE_PLATFORM_WIN32
MessageBox(NULL,e.what(),"Terjadi Error!",MB_OK | MB_ICONERROR |MB_TASKMODAL);
#else
fprintf(stderr,"Terjadi Error = %s\n",e.what());
#endif
}
return 0;
}


12. Lalu lakukan build project tersebut, dan masuk kedalam direkori OgreSDK\bin\release lalu buka file resource.cfg maka isinya sbb :
# Resource locations to be added to the 'boostrap' path
# This also contains the minimum you need to use the Ogre example framework
[Bootstrap]
Zip=../../../Media/packs/OgreCore.zip
# Resource locations to be added to the default path
[General]
FileSystem=../../../Media
FileSystem=../../../Media/fonts
FileSystem=../../../Media/materials/programs
FileSystem=../../../Media/materials/scripts
FileSystem=../../../Media/materials/textures
FileSystem=../../../Media/models
FileSystem=../../../Media/overlays
FileSystem=../../../Media/particle
FileSystem=../../../Media/gui
FileSystem=../../../Media/DeferredShadingMedia
Zip=../../../Media/packs/cubemap.zip
Zip=../../../Media/packs/cubemapsJS.zip
Zip=../../../Media/packs/dragon.zip
Zip=../../../Media/packs/fresneldemo.zip
Zip=../../../Media/packs/ogretestmap.zip
Zip=../../../Media/packs/skybox.zip


13. Kemudian mengganti bagian ../../../ dengan fullpath pada lokasi OgreSDK dalam hal ini isi resource.cfg milik saya menjadi :
# Resource locations to be added to the 'boostrap' path
# This also contains the minimum you need to use the Ogre example framework
[Bootstrap]
Zip=D:\BIN\OGRE_SDK\OgreSDK\media\packs\OgreCore.zip
# Resource locations to be added to the default path
[General]
FileSystem=C:\BIN\ogreSDK\OgreSDK\Media
FileSystem=C:\BIN\ogreSDK\OgreSDK\Media\fonts
FileSystem=C:\BIN\ogreSDK\OgreSDK\Media\materials\programs
FileSystem=C:\BIN\ogreSDK\OgreSDK\Media\materials\scripts
FileSystem=C:\BIN\ogreSDK\OgreSDK\Media\materials\textures
FileSystem=C:\BIN\ogreSDK\OgreSDK\Media\models
FileSystem=C:\BIN\ogreSDK\OgreSDK\Media\overlays
FileSystem=C:\BIN\ogreSDK\OgreSDK\Media\particle
FileSystem=C:\BIN\ogreSDK\OgreSDK\Media\gui
FileSystem=C:\BIN\ogreSDK\OgreSDK\Media\DeferredShadingMedia
Zip=C:\BIN\ogreSDK\OgreSDK\media\packs\cubemap.zip
Zip=C:\BIN\ogreSDK\OgreSDK\media\packs\cubemapsJS.zip
Zip=C:\BIN\ogreSDK\OgreSDK\media\packs\dragon.zip
Zip=C:\BIN\ogreSDK\OgreSDK\media\packs\fresneldemo.zip
Zip=C:\BIN\ogreSDK\OgreSDK\media\packs\ogretestmap.zip
Zip=C:\BIN\ogreSDK\OgreSDK\media\packs\skybox.zip

14. Kemudian disave file tersebut, lalu copy semua isi direktori OgreSDK\bin\release kedalam workspace project khusunya direkori nama_workspace\nama_project\Release, misalkan milk saya 3d-programming\Tutor1\Release.
15. Masuk ke direktori nama_workspace\nama_project\Release, jalankan file executablenya biasanya nama_project.exe maka akan muncul dialog seperti ini :


16. Setelah dikonfigurasikan semua, lalu saya mengklik OK maka hasil output yang akan dikeluarkan seperti ini :




Berikut adalah contoh output dalam ogre :













Tidak ada komentar:

Posting Komentar