Senin, 10 Oktober 2011

PENGERTIAN ROOT

Dalam artikel kali ini akan membahas tentang root. Menurut pengertiannya, Root adalah suatu user yang memiliki kemampuan maksimal, dan dapat melakukan apa saja yang ingin dia lakukan pada suatu sistem. Jika anda telah mendapatkan root, maka secara praktis anda dapat mengendalikan setiap aspek dari sistem, dapat menghapus account, menghapus file, menonaktifkan daemon, dan bahkan melakukan format terhadap seluruh sistem.
Root biasa digunakan untuk pengguna Android, karena Android merupakan Sistem Operasi yang berbasis Linux. Root pada Windows NT disebut juga dengan administrator. Sedangkan proses untuk mendapatkan akses root, dikenal istilah rooting. Untuk setiap device rooting dapat mengalami proses yang berbeda. Diantaranya, ada yang menggunakan aplikasi z4root, Super One Click, Unrevoked, atau lainnya.
Berikut adalah keuntungannya dari rooting :
Ø  Dapat meng-update versi Android tanpa harus menunggu versi resminya keluar. Dengan menggunakan rooting kita dapat mengakses berbagai custom Rom di Android sehingga kita bisa dengan mudah menginstal custom Rom tersebut ke device.
Ø  Dapat melakukan overclock, yaitu untuk memaksimalkan kinerja processor atau undervolt yaitu untuk meminimalkan kinerja processor supaya hemat baterai.
Ø  Dapat memindahkan Aplikasi yang terdapat pada memori telepon ke dalam memori eksternal atau Sdcard. Sehingga dapat menghemat memori telepon yang sering digunakan untuk proses aplikasi yang berjalan.
Ø  Bisa menggunakan aplikasi yang memerlukan root, seperti MarketEnabler (untuk menampilkan aplikasi berbayar di Market), ShootMe (untuk screen capture), Adfree (untuk menghilangkan iklan online), FileManager (untuk menampilkan, mengubah, menghapus, memindahkan seluruh data-data dan aplikasi yang terdapat di memori telepon)  dan aplikasi-aplikasi yang lainnya.
Jika telepon sudah di root dan ingin mengembalikan telepon ke posisi semula, maka lakukan unroot. Fungsinya adalah untuk mengembalikan telepon pada ke pengaturan pabrik. Namun pada telepon yang telah melakukan root maka garansi pada telepon tersebut sudah tidak berlaku lagi di karenakan berbedanya no ID root dengan pabrikan. Oleh karena itu, root di sarankan bagi pengguna yang sudah mengerti tentang manfaat dan kegunaan dari root tersebut.

1 komentar: