Minggu, 02 Oktober 2011

SISTEM OPERASI ANDROID


Menurut definisi, Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Android Inc. yang membuat peranti lunak untuk ponsel ini. Maka dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia setelah Google Inc. membeli Android Inc. tersebut.

Sistem Operasi Android memiliki integrasi dengan layanan Google seperti Gmail, Google Calendar, Google Contacts dan Google Voice dan sempurna bagi siapa saja yang menggunakan layanan Google. Selain itu Android merupakan open source yang di mana kita bebas melakukan apapun perihal aplikasinya. Hal lainnya Android adalah OS yang sangat baik, cepat dan kuat serta memiliki antarmuka pengguna intuitif yang dikemas dengan pilihan dan fleksibilitas. Namun Android memliki kelemahan pada musik dan video karena tidak memiliki media resmi syncing klien ke desktop. Namun, pada umumnya Android memberi Anda lebih banyak pilihan tentang bagaimana mengatur ponsel Anda dan kontennya.
Berikut ini adalah versi – versi dari OS Android, yaitu :
1.      Android versi 1.1 pada tanggal 9 Maret 2009
2.      Android versi 1.5 (Cupcake) pada  pertengahan Mei 2009
3.      Android versi 1.6 (Donut) pada September 2009
4.      Android versi 2.0/2.1 (Eclair) pada 3 Desember 2009
5.      Android versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt) pada 20 Mei 2010
6.      Android versi 2.3 (Gingerbread) Pada 6 Desember 2010
7.      Android versi 3.0/3.1 (Honeycomb) masuk pasar Indonesia pada Mei 2011
8.      Android versi 4.0 (Ice Cream) akan dirilis pada akhir tahun 2011.
Salah satu kelemahan Google adalah begitu banyak menyediakan versi Android. Manufaktur dan operator dapat memutuskan meng-upgrade ponsel mereka ke versi terbaru Android.  Sehingga para pengguna aplikasi tersebut harus sabar dalam menanti versi yang di keluarkan oleh Google tersebut samapai pada negara masing-masing pengguna, seperti di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar